Sunday, April 2, 2017

Model Pembelajaran Inkuiri


PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

Pembelajaran inkuiri biasa disebut dengan model pembelajaran penemuan. Pembelajaran inkuiri membuat siswa dapat mencari dan menyelidiki suatu masalah dengan cara yang sistematis, kritis, logis, dan dianalisis dengan baik.

Model pembelajaran ini cocok imtuk pembelajaran IPA, karena siswa dituntut untuk meneliti suatu hal dengan lebih kritis. Guru hanya bertindak sebagai fasilitator yang membimbing siswa untuk menemukan permasalahan yang diberikan.

Model pembelajaran inkuiri ini sangat bagus dikembangkan dalam proses belajar mengajar. Model pembelajaran ini tidak hanya mengedepankan perkembangan intelektual siswa tetapi juga perkembangan emosional dalam memecahkan masalah dalam kelompok.

JENIS-JENIS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INKUIRI

Pendekatan inkuiri terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan besarnya intervensi guru terhadap siswa atau besarnya bimbingan yang diberikan guru kepada siswanya. Adapun jenis pendekatan inkuiri tersebut adalah sebagai berikut :

1. Inkuiri Terbimbing

Pendekatan inkuiri terbimbing adalah pendekatan inkuiri saat guru membiming siswa melakukan kegiatan dengan memberi pertanyaan awal kepada siswa dalam suatu diskusi. Guru juga mempunyai peran yang aktif dalam menentukan permasalahan dan tahap-tahap pemecahannya.
Pendekatan inkuiri terbimbing digunakan bagi siswa yang kurang berpengalaman belajar dengan pendekatan inkuiri. Dengan pendekatan ini, siswa belajar lebih berorientasi kepada bimbingan dan petunjuk dari guru, sehingga siswa mampu memahami konsep-konsep pelajaran.
Pada pendekatan inkuiri terbimbing, siswa dihadapkan pada tugas-tugas yang relevan untuk diselesaikan, baik melalui tugas kelompok maupun individual, agar dapat menyelesaikan masalah dan menarik suatu kesimpulan secara mandiri.

2. Inkuiri Bebas

Pendekatan inkuiri bebas ini digunakan oleh siswa yang telah berpengalaman belajar dengan pendekatan inkuiri. Hal tersebut dikarenakan didalam pendekatan ini, siswa seolah-olah bekerja sebagai seorang ilmuwan. Siswa pun diberi kebebasan secara mandiri, serta merancang prosedur atau langkah-langkah yang diperlukan. Selama proses itu, bimbingan dari guru sangat sedikit diberikan bahkan tidak diberikan sama sekali.

3. Inkuiri Bebas yang Dimodifikasi

Pendekatan inkuiri bebas yang dimodifikasi adalah kolaborasi atau modifikasi dari kedua pendekatan inkuiri terbimbing dan pendekatan inkuiri bebas. Meskipun demikian, permasalahan yang dijadikan topik untuk diselidiki tetap diberikan oleh guru dan mengarah pada kurikulum yang telah ada.
Pada pendekatan inkuiri ini, guru membatasi memberi bimbingan agar siswa berupaya terlebih dahulu secara mandiri, dengan harapan ia bisa menemukan sendiri penyelesaian permasalahannya, maka bimbingan dapat diberikan secara tidak langsung, dengan memberikan contoh-contoh  yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi, atau melalui diskusi dengan siswa dalam kelompok lain.


No comments:

Post a Comment