Sunday, April 2, 2017

Inkuiri Ilmiah dan Pembelajaran di Kelas


Penyelidikan ilmiah mengacu pada berbagai cara dimana para ilmuwan mempelajari alam dan mengajukan penjelasan berdasarkan bukti yang berasal dari pekerjaan mereka. Inkuiri juga mengacu pada kegiatan siswa dimana mereka mengembangkan pengetahuan dan pemahaman tentang gagasan ilmiahnya sebaik pemahaman bagaimana seorang ilmuwan mempelajari alam. National Science Education Standars, p.23.


Seperti yang ditunjukkan oleh National Standar Pendidikan Sains (Nasional Research Council, 1996), siswa yang menggunakan inkuiri untuk belajar sains terlibat dalam banyak kegiatan yang sama dan proses berpikir seperti ilmuwan yang sedang mencari tahu untuk memperluas pengetahuannya tentang manusia dan alam. Namun kegiatan dan proses berpikir yang digunakan oleh para ilmuwan tidak selalu akrab bagi guru untuk memperkenalkan pendekatan inkuri dalam kelas. Dengan memperlihatkan proses inkuiri ilmiah di ruang kelas, melalui contoh dan diskusi, hal itu dapat menunjukkan bagaimana siswa dan guru dapat menggunakan inkuiri untuk belajar tentang sains, dan belajar konten sains.

Cara yang tepat untuk memulai penelitian adalah dengan membandingkan metode dan proses berpikir dari praktik seorang ilmuwan pada kegiatan pembelajaran ilmiah berbasis inkuiri. 

Salah satu cara terbaik untuk memahami inkuiri ilmiah dalam kelas adalah melalui kunjungan ke kelas dimana inkuiri ilmiah dipraktikkan. Disini kita dapat mengamati apa saja yang dilakukan oleh siswa dan guru sejak awal pembelajaran dimulai.

Inkuiri di dalam kelas dapat dibawakan dalam banyak cara. Investigasi dapat dilakukan secara terstruktur oleh guru sehingga siswa memperoleh hasil yang diharapkan sesuai permasalahan yang diberikan.

Berikut ini adalah Standar Konten / Isi dari Inkuiri Ilmiah, dimana merupakan kemampuan dasar yang diperlukan dalam inkuiri ilmiah.

Tingkat Sekolah Dasar
  • Mengajukan pertanyaan tentang objek, organisme dan kejadian di lingkungan
  • Merencanakan dan melakukan penyelidikan sederhana
  • Menggunakan peralatan sederhana dan perangkat untuk mengumpulkan data dan memperkuat kepekaan
  • Menggunakan data untuk membangun penjelasan yang masuk akal
  • Mengkomunikasikan tentang hasil investigasi dan penjelasannya
Tingkat Sekolah Lanjutan Pertama
  • Mengidentifikasi pertanyaan yang dapat dijawab melalui penyelidikan ilmiah.
  • Merancang dan melakukan penyelidikan ilmiah.
  • Menggunakan alat dan teknik yang tepat untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data.
  • Mengembangkan deskripsi, penjelasan, prediksi, dan model menggunakan bukti.
  • Berpikir kritis dan logis untuk membuat hubungan antara bukti dan penjelasan.
  • Mengenali dan menganalisis penjelasan alternatif dan prediksi.
  • Mengkomunikasikan prosedur ilmiah dan penjelasannya.
  • Menggunakan matematika dalam semua aspek penyelidikan ilmiah.
Tingkat Sekolah Lanjutan Atas
  • Mengidentifikasi pertanyaan dan konsep yang membimbing penyelidikan ilmiah.
  • Merancang dan melakukan penyelidikan ilmiah.
  • Menggunakan teknologi dan matematika untuk meningkatkan penyelidikan dan komunikasi.
  • Merumuskan dan merevisi penjelasan ilmiah dan model menggunakan logika dan bukti.
  • Mengenali dan menganalisis penjelasan alternatif dan model.
  • Berkomunikasi dan mendukung argumentasi ilmiah.



Sumber : Inquiry and the National Science Education Standards: A Guide for Teaching and Learning
               http://www.nap.edu/catalog/9596.html



No comments:

Post a Comment